SPEKTRA GELOMBANG, PENGUKURAN GELOMBANG, RAO

20 06 2011

 

SPEKTRA GELOMBANG

Proses FFT secara menyeluruh akhirnya akan menghasilkan infor­masi dalam bentuk spektra kepadatan energi yang termuat pada suatu gelombang acak, atau disingkat spektra gelombang.

Kontribusi intensitas gelombang-gelombang reguler dalam membentuk gelombang acak à dinyatakan dalam bentuk spektrum kepadatan energi gelombang (spektrum gelombang). Energi per 1 m2 luas permukaan gelombang (komponen ke-n):

Pengukuran Gelombang Laut

·      Pengukuran visual, dilakukan jika tidak ada alat ukur lain. Untuk mengestimasi gelombang pecah dengan batang meter sebagai alat bantu.

·      Stadia-type wave gage, pemakaian teleskop mengikuti gerakan naik turunnya gelombang, kemudian direkam pada sistem record.

·      Capacitance–type wave gage, kabel dialiri listrik sehingga naik turunnya air mempengaruhi kapasitas listrik pada kabel.

·      Resistance–type wave gage, prinsip kerjanya identik dengan capacitance, namun berbeda dalam perhitungan tahanan listrik.

·      Step-type wave gage, satu baris pasangan electrode yang dipasang vertikal, dihubungkan dengan sirkuit sehingga perubahan muka air diindikasikan pada lampu yang menyala.

·      Pressure-type wave gage, alat ini dipasang di dasar laut yang merekam tekanan air akibat gelombang dipermukaan.

·      Ultrasonic-type wave gage (underwater emission), alat ini diletakkan di dasar laut yang memancarkan gelombang ultrasonik pada perekam yang dipantulkan kembali, sehingga bias merekam posisi naik turunnya tinggi muka air.

·      Ultrasonic-type wave gage (aerial emission), prinsip kerjanya sama dengan type underwater emission, tetapi alat ini dipasang pada ketinggian tertentu diatas muka air.

·      Radio-type wave gage, alat ini seperti aerial emission tetapi yang dipancarkan berupa gelombang radio.

·      Buoy- type wave gage  dengan berbagai varians, a.l. marine weather buoy, submerged buoy, batawell buoy.

·      Pengukuran dengan satelit, mis. GEOSAT-ALT.

SEA STATES

SEA STATES (KONDISI LAUT) adalah merupakan ukuran yang lazim digunakan dalam menjelaskan tingkat keganasan laut pada suatu saat tertentu. Ukuran keganasan laut disini diperoleh berdasarkan pengalaman, utamanya oleh para pelaut yang telah terbiasa berlayar di lautan internasional. Ukuran tersebut umumnya juga dijadikan sebagai tolok ukur kemampuan operasi bangunan laut secara luas.

. RESPONS STRUKTUR AKIBAT EKSITASI GELOMBANG ACAK

          Sebagaimana dijelaskan pada Bab 2, gelombang acak adalah merupakan superposisi dari gelombang-gelombang reguler dalam jumlah yang sangat banyak (teoretis s/d tak berhingga), dengan kombinasi variasi tinggi gelombang H (m) dan grekuansi w (rad/det).

          Selanjutnya intensitas suatu gelombang acak dapat direpresentasikan dalam bentuk muatan energi per satuan luas permukaan laut, yang ditunjukkan oleh kurva kerapatan spektra energi gelombang atau lazim disingkat sebagai spektra gelombang.

          Berdasarkan hal tersebut di atas, bilamana karakteristik respons struktur akibat eksitasi gelombang reguler (RAO) telah diketahui, maka respons struktur akibat eksitasi oleh gelombang acak kemudian dapat dihitung dengan menyusun kembali komponen energi respons yang timbul akibat pengaruh tiap-tiap gelombang dengan variasi H (m) dan w (rad/det). Harap diingat bahwa suatu kurva RAO adalah memuat harga repons yang bervariasi tergantung dari harga w (rad/det), sedangkan variasi H (m) pada tiap-tiap harga w (rad/det) akan mengakibatkan perubahan respons yang linier.

          Karena energi gelombang adalah merupakan fungsi luasan permukaan yang direpresntasikan oleh z02 (m2),  maka energi respons juga akan merupakan fungsi RAO2.

          Hal tersebut adalah sama dengan mengubah energi gelombang menjadi energi respons, atau dengan kata lain mengubah spektra gelombang menjadi spektra respons. Proses yang disebut sebagai ANALISIS SPEKTRA ini dapat ditunjukkan secara grafis berikut:

          Setelah spektra respons diperoleh maka harga-harga statistik dari respons dapat dihitung dengan menggunakan persamaan-persamaan yang sama untuk harga-harga statistik gelombang (lih. Pers. 2.28 – 2.34).

Setelah spektra respons diperoleh maka harga-harga statistik dari respons dapat dihitung dengan menggunakan persamaan-persamaan yang sama untuk harga-harga statistik gelombang (lih. Pers. 2.28 – 2.34).

Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: